Seberapa Penting Score Mercusuar Website?

Tue, 15 August 2023 11:53:22 WIB
Abdul Rachmat

thumbnail Information - Mercusuar, Lighthouse, Audit, Score, Website

Website atau situs web telah menjadi kebutuhan khususnya dalam pengembangan bisnis atau usaha. Dengan hadirnya website instansi atau perusahaan mendapat setidaknya image profesionalitas serta menaikan trust atau kepercayaan. Namun seorang developer website atau pengembang website tidak hanya berfokus pada pengembangan, fungsionalitas dan tampilan semata. 

Ada beberapa aspek penilaian search engine atau dalam hal ini google mercusuar agar website yang dikembangkan dapat optimal. Tentu hal tersebut yang diharapkan oleh klien atau si pemesan (instansi/perusahaan/dsb).

Pada paper kali ini saya akan membahas seberapa penting audit mercusuar google? 

Pada audit mercusuar google ada 4 aspek penilaian yaitu Performance, Accesibility, Best Practice dan SEO. 

Di atas adalah 4 aspek penilaian lighthouse atau mercusuar dari google. Kita akan bahas satu per satu.

1. Performance 

Performance atau kinerja mengukur seberapa cepat situs web dapat diakses. Semakin cepat semakin baik penilaian ini. Usahakan aset-aset pada situs terutama gambar mempunyai beberapa pilihan ukuran. Disarankan menggunakan aset gambar dalam ekstensi .webp karena ekstensi tersebut sangat kecil.

2. Accesibility 

Aspek accesibility atau aksesibiltas memeriksa apakah element gambar memiliki atribut seperti alt, aria-label dan sebagainya. Kemudian apakah tag head telah memiliki meta-description serta warna latar dan depan apakah telah memiliki kontras yang sesuai. Kelihatannya sepeleh tapi hal-hal tersebut membantu dalam aksesibilitas website kita.

3. Best Practice 

Best practice menilai apakah website kita mengikuti standar pengembangan website terbaik. Seperti penggunaan HTTPS, selain itu menilai apakah ada error pada console.

4. SEO

SEO atau pengoptimalan mesin pencarian menilai apakah website memiliki tag title, termasuk atribut alt pada gambar. Penting bagi mesin pencarian untuk dapat menjelajah pada website untuk dapat memperoleh score yang baik pada aspek ini.

Selain itu ada lencana PWA (Progressif Web-App) bagi website yang telah menerapkan PWA pada websitenya. 

Untuk dapat melakukan audit mercusuar, teman-teman dapat mengaksesnya pada Developer Tools, kemudian pilih tab LighthouseYuk periksa score mercusuar web kita, perbaiki apa yang kurang agar lebih optimal lagi. 

Score mercusuar ini dapat membantu kinerja website kita agar lebih baik dan optimal, meski ini tidak dapat dijadikan standar kebenaran yang pasti tetapi setidaknya menginformsikan beberapa praktik terbaik dalam pengembangan website. 

Selamat Mencoba!

Another paper
Thumbnail
Web-App Antar Galon Dengan Pemanfaatan GIS

Fri, 28 July 2023

Thumbnail
Experimental Project Dengan Lokasi

Sun, 30 July 2023

Thumbnail
Awas SCAMMING! Mau Untung Malah Buntung

Mon, 31 July 2023

Thumbnail
Aplikasi Keuangan Dengan Pendekatan Sosial Media

Wed, 02 August 2023

Thumbnail
Undangan Digital Gratis Jualan Ini Bisa Untung

Thu, 03 August 2023

© Copyright 2023