Pengalaman Scam si Tukang Scam

Fri, 11 August 2023 11:24:04 WIB
Abdul Rachmat

thumbnail Education - Scam, Telegram, Youtube, Komisi

Halo sobat, beberapa artikel yang lalu saya telah membahas tentang scam. Nah kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman scam si tukang scam berdasarkan kejadian pada diri saya sendiri. 

Bagaimana kisahnya? Simak artikel berikut 

Singkat cerita... 

Beberapa hari lalu saya ditelfon seseorang yang mengatasnamakan dari sebuah perusahan jasa peningkatan sosial media, sebut saja tele scam. Si tele scam ini menjelaskan secara panjang lebar walau suaranya agak gugup karena sepertinya orang baru hehe. Bahwa, saya dapat memperoleh komisi sebesar 50rb hanya dengan menonton dua buah video pada youtube dengan durasa minimal 1 menit.

Dari awal saya sudah tahu, modus seperti ini merupakan modus scam. Tapi untuk memperoleh informasi lebih jauh saya mencoba untuk mengikut instruksi si tele scam tentunya dengan hati-hati. 

Setalah telfon di tutup, si tele scam lanjut mengirim pesan di WA dengan link 2 buah vidio youtube yang harus saya tonton dengan minimal 1 menit. 

Oke... 

Setelah menonton saya mengirimkan bukti screenshotnya yang tak lama kemudian si tele scam mengirimkan sebuah form untuk pencairan komisi. Dengan segera saya mengisinya dengan nomor yang terhubung dengan akun ovo saya.

Umpan dengan komisi

Benar dong, ternyata komisinya di transfer ke akun ovo saya sebesar 50rb. Selanjutnya si tele scam menawarkan komisi 50rb berikutnya sebagai new comer dengan join di akun telegram sebagai agen mereka untuk melaksanan tugas-tugas berikutnya. Saya pun mencoba join dan komisi kedua sebesar 50rb kembali di transfer, kali ini ke akun gopay saya.

Bersiap menjerat

Nah, pada tugas berikutnya ini yang merupakan jerat si scammer. Salah satu di antara tugasnya yaitu mengharuskan kita untuk melakukan transfer/top up ke sebuah akun yang mengatasnamakan klien mereka dengan imbalan akan diganti 2x lipat. Sudah jelas, ini merupakan tipu daya para scam. Pada tahap ini saya kemudian memblokir akun telegram dan whatsapp si tele scam agar mereka juga merasakan bagaimana di scam balik oleh calon korban mereka.

Bagikan agar tidak ada korban lagi

Setelah kejadian ini, saya mencoba berbagi kisahnya di beberapa sosial media sebagai bahan pembelajaran kepada teman-teman agar tidak ada yang menjadi korban. Dari beberapa rekan menginformasikan bahwa beberapa dari saudara dan keluarga mereka ada yang menjadi korban dengan modus scam seperti ini. Mereka kehilangan uang yang tidak bisa dibilang sedikit.

Tetap hati-hati. Bila menemukan modus-modus seperti ini segera blokir bila anda kurang mempunyai pengalaman dalam menghadapi modus scam. 

Bagikan feed ini kepada keluarga, saudara dan teman kalian biar tidak ada yang menjadi korban lagi.


Another paper
Thumbnail
Web-App Antar Galon Dengan Pemanfaatan GIS

Fri, 28 July 2023

Thumbnail
Experimental Project Dengan Lokasi

Sun, 30 July 2023

Thumbnail
Awas SCAMMING! Mau Untung Malah Buntung

Mon, 31 July 2023

Thumbnail
Aplikasi Keuangan Dengan Pendekatan Sosial Media

Wed, 02 August 2023

Thumbnail
Undangan Digital Gratis Jualan Ini Bisa Untung

Thu, 03 August 2023

© Copyright 2023