Digital Flight Strip. Digitalisasi Untuk Personil Tower

Wed, 09 August 2023 15:15:09 WIB
Abdul Rachmat

thumbnail Portofolio - Digital, Aviation, ATC, Tower

Sebagian pasti belum kenal apa itu ATC. 

ATC merupakan singkatan dari Air Traffic Control atau dalam bahasa Indonesia yaitu pemandu lalu lintas penerbangan. Secara umum orang mengenal ATC sebagai personil yang bertugas di tower bandara dengan tanggungjawab mengatur penerbangan agar tercipta operasi penerbangan yang efisien, teratur serta aman dan selamat. 

Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas ATC lebih detail. Saya akan memperkenalkan portofolio yang pernah saya buat berkaitan dengan modernisasi alat pendukung kerja ATC atau personil yang bertugas di tower ini.

Sebelum lanjut lebih jauh, saya harus menginformasikan terlebih dahulu tentang Flight Progress Strip atau yang disingkat FPS. FPS merupakan strip dengan format tertentu untuk menulis setiap data seperti clearance dan instruksi. Data ini ada kalanya ditulis dalam bentuk satuan waktu untuk memastikan instruksi atau clearance telah diberikan saat itu. Pada kondisi tertentu strip biasanya akan dilihat kembali misalnya untuk kebutuhan investigasi.

FPS juga dapat berfungsi sebagai alat bantu untuk memvisualisasikan traffic (pesawat) berdasarkan sequencenya (antrian) dan memberikan aware antara satu dengan yang lainnya (sebut saja musuh/traffic) agar aman (separate/terpisah).

Bagaimana dengan di Indonesia...?

Di Indonesia penggunaan paper strip masih umum digunakan. Mengingat kebutuhan sistem yang menunjang harus melewati uji coba yang ketat agar sistem benar-benar reliable. Jangan sampai transformasi paper menjadi digital malah membawa sebuah permasalahan serius saat bertugas.

Di bawah merupakan salah satu portofolio saya yang bernama Digital Flight Strip atau DFS. Sistem ini mengubah proses kerja konvensional atau paper strip ke dalam bentuk digital yang lebih dinamis yang tentunya reliable. DFS sendiri saat ini telah digunakan di Apron Tower di Bandara Soekarno-Hatta yang di operasikan oleh PT. Angkasa Pura II. DFS telah menghemat kurang lebih 400.000 paper strip sejak pertama kali digunakan di tahun 2020 hingga sekarang (Per Agustus 2023).

Tentunya dengan penggunaan ini harapan utama yaitu dapat mengurangi beban personil dalam mempersiapkan data strip (menulis/menyalin) dan juga mengurangi beban operasional (pengadaan kertas strip). Beberapa fitur unggulan yaitu : 

  1. Tampilan intuitive dan responsive 
  2. Personal log record (traffic, OTP, control hours) 
  3. Mudah digunakan 
  4. Visualisasi landasan pacu dan arah pushback dan taxi 

Selain fitur unggulan DFS di atas ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan DFS, seperti : 

  1. Meningkatkan brand image
  2. Mengurangi beban personil 
  3. Mengurangi lokasi penyimpanan strip (Tidak dibutuhkan ruang lagi)
  4. Mengurangi beban operasional dalam pengadaan paper strip
  5. Mengurangi kesalahan baca

Tertarik untuk mencoba ditempat kalian? 

Yuk bertransformasi, be the digital leader not the follower. Jangan takut perubahan tapi dukung untuk perubahan yang lebih baik.

Another paper
Thumbnail
Web-App Antar Galon Dengan Pemanfaatan GIS

Fri, 28 July 2023

Thumbnail
Experimental Project Dengan Lokasi

Sun, 30 July 2023

Thumbnail
Awas SCAMMING! Mau Untung Malah Buntung

Mon, 31 July 2023

Thumbnail
Aplikasi Keuangan Dengan Pendekatan Sosial Media

Wed, 02 August 2023

Thumbnail
Undangan Digital Gratis Jualan Ini Bisa Untung

Thu, 03 August 2023

© Copyright 2023