Sistem Pendukung Keputusan K-Neareast Neighbors

Sat, 05 August 2023 19:11:09 WIB
Abdul Rachmat

thumbnail Portofolio - K-NN, SPK, Keputusan

Sistem pendukung keputusan (SPK) atau decision support system (DSS) merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer (Knowledge base) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan suatu organisasi, perusahaan atau sebuah instansi. 

Ada banyak algoritma SPK salah satunya adalah K-Nearest Neighbors atau yang disingkat K-NN. Algoritma K-NN sendiri merupakan sebuah metode untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkaan dari data pembelajaran yang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut. Metode ini sederhana dan mudah dipahami karena mengklasifikasikan objek berdasarkan jarak terdekat atau yang disebut tetangga (neighbor). 

Pada sesi portofolio feed ini, saya akan menjelaskan penerapan K-NN pada sistem pendukung keputusan pencarian mobil bekas secara sederhana dan singkat.

Seperti apa penerapannya...?

Pada gambar di atas seorang calon pembeli akan memberikan profile pencariannya. Ada beberapa parameter yang akan menjadi acuan dalam menilai sebuah mobil cocok atau tidak dengan calon pembeli. Setelah memasukkan profile analisis, sistem akan melakukan kalkulasi kemudian menampilkan hasil scoring mobil yang mendekati kriteria dari parameter yang diberikan user seperti yang tampil pada gambar di bawah.

Setiap parameter akan bernilai 1 bila sesuai kriteria dan 0.5 bila tidak sesuai.Setelah itu setiap parameter dijumlahkan untuk menentukan peringkatnya. Hasil ini dapat dijadikan acuan oleh calon pembeli dalam menentukan keputusan mobil mana yang akan dibeli.

Ini hanya salah satu contoh penerapannya, masih banyak lagi yang dapat diterapkan dengan K-NN.Simple dan mudah bukan?

Another paper
Thumbnail
Web-App Antar Galon Dengan Pemanfaatan GIS

Fri, 28 July 2023

Thumbnail
Experimental Project Dengan Lokasi

Sun, 30 July 2023

Thumbnail
Awas SCAMMING! Mau Untung Malah Buntung

Mon, 31 July 2023

Thumbnail
Aplikasi Keuangan Dengan Pendekatan Sosial Media

Wed, 02 August 2023

Thumbnail
Undangan Digital Gratis Jualan Ini Bisa Untung

Thu, 03 August 2023

© Copyright 2023