Awas SCAMMING! Mau Untung Malah Buntung

Mon, 31 July 2023 02:34:42 WIB
Abdul Rachmat

thumbnail Education - Scamming, Tiktok, Penipuan, Live, Coin, Gift

Halo gais, pada Portofolio Feed kali ini saya tidak akan membahas portofolio project tapi ini cukup penting untuk diketahui, yaitu Maraknya Scamming di Live TikTok. 

Belakangan ini scamming di live tiktok cukup marak. Modusnya kurang lebih hampir sama yaitu : 

  • Bagi bagi uang 
  • Bagi bagi gift coin

Sebelum lanjut kita akan bahas terlebih dahulu 

Apa itu Scamming...? 

Mungkin sebagian ada yang belum tau, apa sih itu scam atau scamming?Jadi scam atau scamming adalah sebuah trik untuk mengelabuhi (menipu) seseorang untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Salah satu contoh yang sering terjadi yaitu dengan mengatasnamakan bank. 

Untuk kasus di Live TikTok...Para akun scam ini kebanyakan live menggunakan nama samaran bahkan nama seperti sult*n du*ba* dengan foto-foto orang dari negara lain biar lebih meyakinkan, padahal halaman web menggunakan bahasa indonesia. 

Seakan-akan sedang membagikan coin namun mereka sebenarnya hanya mengemis gift dari user lain yang tertipu. Mereka menggunakan halaman tiktok coin gift yang di cloning kemudian mengganti url pada browser mereka agar semakin mirip.

Teman-teman bisa lihat halaman pembelian coin tiktok yang asli hanya di tiktok.com/coin. Silahkan lihat dan temukan perbedaannya apabila ada akun live tiktok dengan latar belakang tampilan yang mirip yang katanya membagikan coin gratis.

Tidak sedikit yang mengeluhkan mengapa coin tidak masuk atau bahkan katanya sudah di transfer diminta menunggu 10 menit sampai dengan 1 hari. Kenyatannya itu semua tidak pernah terjadi. 

Ada juga yang menulis angka di excel. Melakukan perkalian jumlah gift yang diberikan dengan pecahan rupiah seolah-olah akan di transfer. Namun sekali lagi ini hanya modus yang sama. Mereka semua hanya mencari gift pengguna tiktok yang tertipu. Karena semakin banyak gift yang diberikan semakin besar peluang untuk di notice. Begitulah cara main mereka.

Saya sendiri sudah pernah mencoba mengcloning halaman tiktok coin. Dan ternyata tidak terlalu sulit. Begitu banyak variasi cloning halaman tersebut. Dengan melihat yang asli teman teman akan mudah untuk membedakan yang cloningan. 

Tetap hati-hati. Bila menemukan modus-modus seperti ini segera report. Jangan mudah di iming imingi sesuatu. Niatnya mau untung tapi malah boncos. 

Bagikan feed ini kepada keluarga, saudara dan teman kalian biar tidak ada yang menjadi korban.

Another paper
Thumbnail
Web-App Antar Galon Dengan Pemanfaatan GIS

Fri, 28 July 2023

Thumbnail
Experimental Project Dengan Lokasi

Sun, 30 July 2023

Thumbnail
Aplikasi Keuangan Dengan Pendekatan Sosial Media

Wed, 02 August 2023

Thumbnail
Undangan Digital Gratis Jualan Ini Bisa Untung

Thu, 03 August 2023

Thumbnail
Sistem Pendukung Keputusan K-Neareast Neighbors

Sat, 05 August 2023

© Copyright 2023