Web-App Antar Galon Dengan Pemanfaatan GIS

Fri, 28 July 2023 16:37:51 WIB
Abdul Rachmat

thumbnail Portofolio - Portofolio, Web, GIS, Maps

Apa itu GIS...?

GIS atau singkatan dari Geographic Information System yaitu sebuah sistem informasi yang khusus mengelolah data berupa informasi geografis. GIS dapat mengindetifikasi data menurut lokasinya berdasarkan data yang disimpan pada sebuah database. 

Awal Perkembangan 

Pada awal perkembangannya GIS bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan geografis. Namun pada perkembangan zaman sekarang GIS banyak dimanfaatkan pada bidang teknologi digital seperti Navigasi dan Rute Kendaraan.

Pada Portofolio Feed kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang Web-App yang telah saya bangun dengan pemanfaatan GIS.  Sebut saja aplikasi Pengantar Galon.Aplikasi ini dibangun dengan bahasa programan web lebih tepatnya Javascript, PHP dengan MySQL sebegai databasenya.

Aplikasi ini memanfaatkan library javascript gratis dari Leaflet.Js.Untuk menentukan titik geografis dibutuhkan izin dari perangkat untuk mengakses lokasi. Setelah mendapatkan titik lokasi yang disebut latitude dan longitude ini kemudian aplikasi akan menerjemahkannya ke dalam sebuah tampilan peta geografis.

Akses internet tentu dibutuhkan untuk memuat halaman peta, karena pada prosesnya dibutuhkan pertukaran data ke penyedia layanan data GIS.Ini merupakan salah satu konsep pemanfaatan GIS pada teknologi digital. Tentu saja masih banyak cara memanfaatkannya contohnya pada bidang kesehatan : 

  • Informasi Lokasi Klinik/Rumah Sakit/Apotik 
  • Layanan Ambulance 
  • Pengantaran Obat atau Alat Kesehatan

Tertarik untuk memanfaatkan GIS? Yuk sharing dan tukar pendapat apa lagi yang dapat kita bangun dengan memanfaatkan GIS di era teknologi digital sekarang ini.


Link Demo

Owner :

Email : admin@admin.com

Pass : 1234

Another paper
Thumbnail
Experimental Project Dengan Lokasi

Sun, 30 July 2023

Thumbnail
Awas SCAMMING! Mau Untung Malah Buntung

Mon, 31 July 2023

Thumbnail
Aplikasi Keuangan Dengan Pendekatan Sosial Media

Wed, 02 August 2023

Thumbnail
Undangan Digital Gratis Jualan Ini Bisa Untung

Thu, 03 August 2023

Thumbnail
Sistem Pendukung Keputusan K-Neareast Neighbors

Sat, 05 August 2023

© Copyright 2023